Rabu, 07 Desember 2011

Inilah Tim Peserta Piala Dunia Antar Klub 2011

BERITA BOLA - Inilah Tim Peserta Piala Dunia Antar Klub 2011. Piala Dunia Antar Klub atau FIFA Club World Cup adalah salah satu perhelatan akbar tahunan yang selalu dinanti para pecinta sepakbola di seluruh dunia.

Ajang ini mempertemukan jawara  6 (enam) klub jawara Liga Champions masing-masing konfederasi, yakni Eropa (UEFA), Amerika Selatan (CONMEBOL), Amerika Utara, Tengah & Karibia (CONCACAF), Asia (AFC), Afrika (CAF), Oseania (OFC) plus 1 (satu) klub yang mewakili tuan rumah (biasanya diwakili juara divisi teratas dari kompetisi domestik negara penyelenggara) agen bola.

Tahun 2011 ini FIFA Club World Cup memasuki penyelenggaraan yang ke-8. Jepang, sebagai host sempat diragukan akan bisa menghelat turnamen ini karena gempa bumi & tsunami yang menghantam Negara Matahari Terbit itu pada Maret tengah tahun ini, namun setelah Presiden FIFA, Sepp Blatter melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Jepang, Naoto Kam & Presiden JFA (Asosiasi Sepakbola Jepang), Junji Ogura, juga pada Maret lalu, akhirnya Jepang dipastikan tetap menjadi tuan rumah FIFA Club World Cup 2011
agen bola.

Dalam tujuh penyelenggaraan sebelumnya, wakil CONMEBOL meraih 3 (tiga) gelar, sementara wakil UEFA meraih 4 (empat) gelar, berikut rekaman final sejak tahun 2000
  • 2000 di Brasil, Corinthians (Brasil) mengalahkan Vasco de Gama (Brasil) melalui adu penalti 
  • 2005 di Jepang, Sao Paolo (Brasil) mengalahkan Liverpool (Inggris) dengan skor 1-0, gol Mineiro menit 2
  • 2006 di Jepang, Internacional (Brasil) mengalahkan Barcelona (Spanyol) dengan skor 1-0, gol Adriano Gabiru menit 82
  • 2007 di Jepang, AC Milan (Italia) mengalahkan Boca Juniors (Argentina) dengan skor 4-2, gol Boca Juniors oleh Palacio (22’) & bunuh diri Ambrosini (85’), gol Milan oleh Filippo Inzaghi (21’, 71’), Nesta (50’), Kaka (61’)
  • 2008 di Jepang, Manchester United (Inggris) mengalahkan LDU Quito (Ecuador) dengan skor 1-0, gol Wayne Rooney menit 73
  • 2009 di Uni Emirat Arab, Barcelona (Spanyol) mengalahkan Estudiantes (Argentina) melalui gol Messi di menit 110 (babak tambahan waktu) setelah pada waktu normal, gol Boselli (37’) disamakan Pedro (89’)
  • 2010 di Uni Emirat Arab, TP Mazembe (Republik Demokrasi Kongo) dikalahkan Internazionale (Italia) melalui gol Pandev (17’), Eto’o (19’) & Biabiany (85’)
Pada penyelenggaraan ke-8 tahun ini, FIFA Club World Cup 2011 akan diikuti oleh 7 kontestan yakni:

1. FC Barcelona (Spanyol)
Sebagai juara Liga Champions Eropa 2010/11, Barcelona otomatis berpartisipasi di ajang ini, dan ini merupakan keikutsertaan Barca yang ke-3 (tiga) kali.

2. Santos (Brasil)
Tampil di ajang ini dengan status juara Copa Libertadores 2011 dimana Santos mengalahkan Penarol (Uruguay) dengan aggregat 2-1. Klub ini juga diperkuat oleh wonderkid yang sedang menjadi target transfer Madrid, Barcelona & klub-klub papan atas Eropa lainnya, Neymar. Dua pemain Timnas Brasil, Ganso & Elano Blumer juga memperkuat klub berjuluk Peixe ini.

3. Monterrey (Mexico)
Klub yang berdiri sejak 28 Juni 1945 ini meraih gelar CONCACAF Champions League pertamanya dengan  mengalahkan Real Salt Lake (Amerika Serikat) di partai final CONCACAF Champions League 2010/11. Memiliki barisan penyerang yang berpotensi merepotkan setiap lawan dengan kehadiran Humberto Suazo (Chile), Cesar Delgado (Argentina) & Aldo de Nigris (Mexico)

4. Al-Sadd (Qatar)
Wakil Asia yang satu ini mengalahkan Jeonbuk Motors (Korsel) di Final AFC Champions League 2010/11 melalui babak adu penalti. Kekuatan mereka terletak pada pelatih Jorge Fosatti (Uruguay) dan legiun asing seperti Mamadou Niang (Senegal), Abdul Kader Keita (Pantai Gading), Leandro (Brasil), kiper Mohamed Saqr dan penyerang gesit Timnas Qatar yang sudah lekat dengan masyarakat sepakbola Indonesia, Khalfan Ibrahim.

5. Esperance (Tunisia)
Mewakili Afrika setelah meraih gelar CAF Champions League 2011, sekaligus gelar kedua mereka dengan mengalahkan Wydad Casablanca (Maroko) dengan agregat 1-0 di partai final. Esperance adalah salah satu klub raksasa di Tunisia, 24 gelar Liga Tunisia sudah mereka torehkan. Kapten tim, Oussama Darragi menjadi pemain yang dibanggakan oleh klub & supporter Esperance.

6. Auckland City (Selandia Baru)
Adalah untuk yang ketiga kalinya juara OFC Champions League 2011 mengikuti turnamen ini dan selalu berstatus sebagai tim underdog. Kali ini mereka berharap pada pelatih Ramon Tribulietx asal Spanyol & empat legiun asing yang juga asal Spanyol.

7. Kashiwa Reysol (Jepang)
Tim ini sedang dalam euforia luar biasa setelah baru saja menjuarai J.League Division 1 musim 2011, yang membuat mereka istimewa adalah fakta bahwa Kashiwa Reysol merupakan tim promosi yang masuk J.Division 1 dengan status juara J.Division 2 di musim 2010. Pelatih asal Brasil, Nelsinho Baptista tentu akan mendapatkan dukungan penuh publik Jepang, sembari berharap Leandro Domingues (Brasil) yang baru saja dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Jepang (J.League Player Of The Year) 2011 akan mampu memberikan kejutan sebagai wakil dari tuan rumah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar